Rabu, 28 Januari 2009

TULISAN UNTUK KALANGAN SENDIRI

ABSTRAK

DANIEL WENDA: Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi SMA. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen yang baik bagi siswa SMA, ditinjau dari aspek pembelajaran, isi, tampilan, dan pemrograman.
Pengembangan multimedia berbasis komputer dilakukan dengan lima tahapan, yaitu analisis, desain, produksi, uji coba, dan distribusi. Tahap analisis meliputi analisis tujuan pembuatan dan bentuk pembuatan produk. Tahap desain pembuatan prototipe, storyboard, dan bahan-bahan yang diperlukan. Tahap produksi penyediaan semua bahan-bahan yang diperlukan, sinkronisasi, dan menguji coba jalannya program. Tahap uji coba terdiri atas uji kelayakan terbatas oleh ahli materi dan ahli media, uji di lapangan yaitu; uji coba satu-satu,uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar, dan verifikasi. Tahap distribusi yaitu menyebarluaskan produk yang sudah direvisi ke pengguna. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kuesioner dan tes, dan dianalisis dengan statistik deskriptif dengan teknik persentase dan kategorisasi. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki multimedia berbasis komputer hasil pengembangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan multimedia berbasis komputer sudah menggunakan kaidah-kaidah pengembangan produk dari Macromedia. Multimedia berbasis komputer hasil pengembangan dinilai “Sangat Baik” dari aspek: pembelajaran (skor rata-rata 3,55), isi (skor rata-rata 3,45), tampilan (skor rata-rata 3,28), dan pemrograman (skor rata-rata 3,29). Secara keseluruhan multimedia berbasis komputer hasil pengembangan dinilai “Sangat Baik” untuk pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi siswa SMA, dengan skor rata-rata 3,40.

ABSTRACT

DANIEL WENDA: Developing Computer-Based Instructional Multimedia for Christian Religion Subject for Senior High Schoo,l. Thesis. Yogyakarta: Graduate School, Yogyakarta State University, 2008.

This research aims to develop a good computer-based instructional multimedia for Christian Religion subject for senior high school students, viewed from instructional, content, appearance, and programming aspects.
The computer-based multimedia was developed in five steps: analysis, design, production, try-out, and distribution. The analysis step consisted of the analysis of the aims and form of the developed product, While the design step included developing the prototype, storyboard and the needed materials. The production step comprised providing the needed materials, synchronizing, and testing the program course, whereas the try-out step covered the limited feasibility testing by a content-expert and a media specialist, field testing including individual testing, small group testing, class testing, and verification. The last step, distribution step, was distributing the revised product to users. The data were collected using observation sheets, a questionnaire, and a test, and analyzed using the descriptive statistics with a percentage and category techniques. The result of the try-out was used to improve the developed computer-based multimedia.
The findings show that the development process of the computer-based multimedia has applied the principles of the development product from Macromedia. The developed computer-based multimedia are rated “Very Good” in terms of the instructional aspect ( an average score of 3.55), the content aspect ( an average score of 3.45), the media aspect (an average score of 3.28), and the programming aspect (an average score of 3.29). The whole developed computer-based multimedia is rated “Very Good” for teaching and learning Christian Religion subject for senior high school students (an average score of 3.40).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar